Skip to content

Build your Muscle with Your Own Sports !

15 Desember 2012

Mau punya tubuh atletis tapi ga sempet nge-gym ?
Jangan khawatir, pada dasarnya setiap olahraga yang kita lakukan akan berperan terhadap pembentukan tubuh atletis kita, termasuk olahraga favorit yang sering kita lakukan bersama teman kampus, kantor, dsb.

Penasaran dengan otot mana saja yang dilatih dari olahraga favorit mu ?
Simak pembahasan berikut.

SEPAKBOLA
Gerakan lari, menendang, dan melompat membantu melatih dan mengembangkan otot quadriceps (paha), calf (betis belakang), dan psoas (pinggul)

Sepakbola tidak hanya menguatkan otot bagian kaki, tapi juga menguatkan core dan tubuh bagian atas.

Penelitian menunjukkan, terdapat peningkatan massa otot quadriceps hingga 9% pada pria non-atlet yang melakukan latihan sepakbola selama 12 minggu

BASKET
Saat melakukan shoot pada olahraga basket, otot-otot yang digunakan adalah triceps, shoulders, lengan bawah (forearm), biceps, dan dada (pectoral)

Basket juga merupakan olahraga. intermittent (HIIT) yang membutuhkan “quick and repeated accelerations, jumps, and changes in movement direction.”

“In conclusion, basketball training 3 times a week for 4 week increases aerobic power and decreased body fat percentage of prepubescent boys, but not affect muscle strength and joint mobility of the lower limbs.”

TENNIS
Olahraga tenis secara teratur dapat melatih hypertrophy otot-otot di bagian atas tubuh (upper extremities) seperti deltoid dan triceps. Otot di bagian kaki (vastus lateralis) terlatih secara aerobik dengan olahraga tenis secara teratur.

Teramati massa otot yang lebih tinggi 12-15% di otot triceps tangan dominan (tangan yang digunakan untuk memukul)

RENANG*
Pembakaran kalori ketika berenang, untuk durasi yang sama, kira-kira setara dengan bersepeda dengan kecepatan 15-20 KM perjam. Ini dimungkinkan karena air memiliki tahanan 20 kali lipat udara. Selain itu, berenang juga meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Pada gaya bebas, otot yang bergerak adalah otot-otot yang terdapat antara tangan sampai bahu, terutama biceps dan triceps. Gaya ini membantu perkembangan yang seimbang antara biceps dan triceps. Selain itu, gaya ini membantu memberikan postur tubuh yang tegak, karena melatih otot-otot di bagian punggung, serta bentuk bokong yang lebih bagus.

Fokus dari gaya katak dan gaya dada ada pada otot kaki, terutama otot paha dan betis. Latihan pada otot ini terjadi setiap kali kaki menendang untuk menimbulkan gerakan maju. Otot lain yang juga dilatih adalah otot triceps dan dada.

Meskipun tingkat kesulitannya paling tinggi, gaya kupu-kupu memberikan fokus yang lebih baik pada pembentukan otot di lengan bagian atas, perut, dada, bahu, dan punggung dibandingkan dengan gaya lainnya.

Sudah tahu kan manfaat olahraga favorit terhadap pembentukan tubuh atletis mu?
Tidak ada olahraga yang percuma, lengkapi dengan suplemen tinggi protein untuk memaksimalkan dampaknya.

Selamat berolahraga!

Posted from WordPress for BlackBerry.

Iklan

From → Kesehatan

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: